Saturday, November 17, 2012

Teknik Bagaimana Cara Jumper Cell Phone Dengan Baik

0 komentar


 Pada postingan kali ini saya akan memberikan Teknik Jumper Pada Cell Phone. Pertama saya akan menjelaskan apa itu jumper.

 Sesuai dengan namanya sendiri Jump adalah lompat, lompatan. Dan arti Jumper pada dunia Servicer Cell Phone adalah menyambung jalur-jalur kawat tembaga pada Board Cell Phone. 

Dan trik ini di gunakan hanya untuk keadaan yang memungkinkan. Jumper juga dapat kita gunakan atau aplikasikan untuk menyambung langsung komponen yang rusak. Tetapi jika komponen yang rusak tersebut dapat kita ganti dengan yang baru, lebih baik ganti dengan komponen yang ada tersebut.

Dan kita juga dapat melakukan jumper ini pada rangakaian yang kehilangan arus / tegangan. untuk ini ada syarat dan ketentuan untuk poin ini. 

Syaratnya:
  • Rangkain/bagian yang akan diberi tegangan bukan karena rusak (benar2 kehilangan tegangan)
  • Tegangannya Harus sama
  • Tegangannya harus konstan (tidak berubah-ubah atau hilang)
  • Arusnya harus memadai

    DAMPAK BURUKNYA:
  • Daya Batrey akan lebih cepat terkuras
  • Beban RETU akan bertambah sehingga memungkinkan Usianya lebih pendek
  • IC Bloetooth Mendapat tegangan terus-menerus selama HP aktif
  • dan lain-lain
 Baiklah, kita mulai teknik jumpernya. 

  1. Bersihkan tembaga dengan kuas / sikat agar debu dan kotoran yang lain hilang. (gunakan tembaga yang halus saya, agar proses jumper gampang dikerjakan).
  2. Bersihkan mata solder dengan kikir (bisa kikir bentuk apa saja). Dan usahakan mata solder benar-benar runcing dan tak ada kotoran.
  3. Beri sedikit Flux pada tembaga rambut yang akan kita gunakan untuk menjumper. 
  4. Beri juga sedikit flux pada bagian tembaga / tip di board handphone yang kita perbaiki.
  5. Gunakan timah yang brdiameter kecil. Jika tidak ada pakai yang biasa saja tetapi jangan berlebihan, berilah timah pada kedua ujung tembaga dan tip dengan timah secukupnya.
  6. Tempelkan ujung tembaga dengan tip. Dan tempelkan solder diatasnya agar timah tersebut meleleh dan menyatu. Usahakan jangan digoyang sebelum timah mengering. Lakukan juga pada ujung tembaga dan tip yang kedua.
  7. Dan tahap terakhir adalah membersihkan sisa-sisa flux yang ada dengan kuas atau sikat.
 Inilah cara / teknik Jumper dari Saya. Untuk kekurangannya silahkan anda komen di bagian komentar di bawah ini. semoga bemanfaat. Dan akan saya share juga beberapa trik jumper: Jumper Nokia mic 6600 , TRIK JUMPER NOKIA WD2 TANPA IC SMPS

Daftar dan dapat penghasilan

 
close